artikel pengantar teknologi

Archive for the ‘Pengantar Teknologi Informasi’
Saat ini banyak sekali masyarakat aktif dalam menggunakan fasilitas Social Networking berbasis internet seperti Facebook, dll.

Bagaimana pendapat anda tentang Facebook, terutama dikaitkan dengan manfaatnya bagi manajemen/perusahaan, jelaskan ide-ide anda untuk hal ini !!

Dampak social networking sangat besar bagi kehidupan manusia pada jaman ini. Berkat kemajuan teknologi yang kian mobile membuat social networking menjadi kebutuhan manusia sebagai sarana mengaktualisasikan dirinya. Kebutuhan ini berakibat pada jumlah subscriber social networking khususnya facebook begitu pesat sampai pada saat ini jumlah account di facebook 400 juta, lebih banyak 150 juta daripada jumlah seluruh penduduk Indonesia.

Jumlah massa yang fenomenal ini merupakan kesempatan besar bagi seluruh subscriber yang untuk memenuhi kebutuhan masing – masing. Bagi pengguna pada umumnya, merupakan ajang pengaktualisasian dirinya. Bagi para politisi facebook digunakan sebagai salah satu media untuk mempromosikan ide atau dirinya, bertujuan untuk menarik suara para pemilihnya seperti yang dilakukan oleh Barack Obama pada pemilihan Presiden AS. Bagi para pengusaha, facebook dapat berarti ajang promosi, ajang penerimaan kritik dan saran, media komunikasi langsung dengan end costumer bahkan sebagai media untuk berdagang.

Fungsi facebook bagi manajemen sangat luas bergantung pada nature dari bidang bisnisnya. Banyak fungsi yang dapat dilakukan melalui facebook:

Media untuk pengenalan produk baru
Media komunikasi langsung dengan end costumer atau karyawannya
Media untuk melakukan kontrol kepada SDM
Media kritik dan saran
Ini merupakan keuntungan bagi para manajer karena dengan penambahan satu fasilitas saja, beberapa fungsi dapat dirangkul dengan biaya yang sangat minim. keuntungan ini bukan saja bagi para manajer produk lama namun berlaku pula bagi manajer produk baru karena dapat langsung bersaing di tingkatan atas dengan biaya minim sehingga produk atau jasanya dapat bersaing dengan pemain lama.

Dengan persaingan yang ketat akibat munculnya banyak kompetitor baru, keuntungan juga dirasakan oleh para target pasar yang mendapatkan harga terbaik

Hal ini,menambah benefit sebagai pengguna facebook dan menciptakan mata rantai baru yang sulit terputus.

Conclusion, sangat disayangkan bila perusahaan tidak menggunakan social networking (seperti:Facebook, Friendster dan kaskus) se-maksimal mungkin karena dengan penggunaan media ini menambah keunggulan komparatif dengan biaya yang sangat minim dengan fungsi yang amat besar yang seharusnya berbiaya sangat besar.

About juniornainggolan28

I'm one cool, and easy to take along.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s