artikel tentang dalam negeri

Berita Nasional
Presiden: Pemerintah Komit Dukung Revitalisasi Gerakan Pramuka
Kategori: Berita Nasional(91 view)

“Gerakan Pramuka tidak boleh statis, tapi dinamis. Karenanya, revitalisasi kita arahkan agar bisa berlangsung sesuai dengan zamannya,” kata Presiden SBY dalam sambutannya saat membuka Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional VII Tahun 2010 di kawasan Bumi Perkemahan Seulawah Scout Camp, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Selasa (30/11) pagi.

Kepala Negara yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Hasrul Azwar menyebutkan, salah satu hasil dari revitalisasi Gerakan Pramuka adalah lahirnya Undang Undang Gerakan Pramuka pada 26 Oktober 2010. “Undang Undang itu mengamanahkan kepada kita agar pendidikan Pramuka bersifat mandiri, non-politis dan menjunjung Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya.

Presiden mengatakan, melalui UU tersebut maka masyarakat dapat membentuk gugus depan (Gudep) berbasis komunitas selain sekolah. Gerakan Pramuka sangat penting dalam pembinaan generasi muda. “Mengingat gerakan Pramuka sangat penting dalam pembinaan generasi muda bangsa, pemerintah memberikan perhatian yang besar dengan mendorong revitalisasi gerakan Pramuka sejak beberapa tahun lalu,” tegas Presiden.

Ajang Pertemuan Pramuka

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Hasrul Azwar mengatakan, Perkemahan Wirakarya adalah ajang pertemuan Pramuka penegak-pandega dari seluruh Indonesia dalam bakti kepada masyarakat yang bersifat fisik dan nonfisik.

Adapun tema perkemahan Wirakarya Tingkat Nasional Tahun 2010 ini adalah “Bersatu Membangun Bangsa yang Bermartabat”. Kegiatan bakti fisik yang dilakukan antara lain, pembangunan MCK, drainase, pos kamling, dan menara air. Sedangkan bakti non-fisik yang akan dilakukan antara lain, penyuluhan kesehatan, pembuatan kompos, dan pengelolaan sampah.

Perkemahan yang berlangsung 30 November-6 Desember diikuti 8.000 lebih Pramuka penegak (usia 16-20 tahun) dan pandega (usia 21-25 tahun) utusan seluruh kwartir daerah. Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Aceh MuhammadNazar menegaskan arti penting penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya di Bumi Aceh. “Provinsi ini pantas bagi para penegak untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa Pramuka bukan organisasi yang sia-sia,” katanya.

Bergairah Kembali

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf menyatakan, semangat kepanduan di Aceh kini mulai bergairah kembali. Tak hanya anggotanya saja bertambah, aktivitas Pramuka di Aceh juga makin padat. Dalam dua tahun terakhir, kegiatan kepanduan di seluruh kabupaten/kota terus meningkat, termasuk tingkat provinsi.

“Sebuah kebanggaan bagi kami, sebab beberapa kali utusan Pramuka Aceh diundang untuk menghadiri event di pentas internasional. Seperti pada Desember 2009, sebanyak 28 anggota Pramuka Kwarda Aceh mendapat undangan mengikuti Jambore ke-26 se-Asia Pasifik di Pilipina. Beberapa waktu lalu, Aceh juga mengirim Pramuka ke Korea Selatan.

Anggota Pramuka Aceh juga terpilih mewakili Indonesia untuk mengikuti kegiatan Boy Scout of America (BSA) National Scout Jamboree di Washington DC, Amerika Serikat, 26 Juli-4 Agustus 2010. “Insya Allah, pada Juli tahun depan, akan ada 18 putra-putri Pramuka Kwarda Aceh mengikuti Jambore Internasional di Swedia,” ungkap Irwandi. (mhd)

About juniornainggolan28

I'm one cool, and easy to take along.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s