artikel pengantar komputer

Pengenalan komputer
Pengenalan komputer
info ternak info hardware 10 Mar 2010
Bagaim mana komputer berfungsi???
Sejak komputer pertama tahun 1940 di luncurkan. hari semakin berjalan dan waktu terus berlalu, komputer di gital terus mengalami perubahan yang signifikan, dari zaman ke zaman komputer yang fungsinya tetap tidak berubah. tetapi hanya teknologi dalam komputer digital ini mengalami perubahan yang sangat cepat, namun kebanyakan masih menggunakan pembangunan von neumann. yang di terapkan oleh von neumann pada awal tahun 1940 pada masa itu.
Gambar di bawah ini adalah komputer pertama yang di ciptakan oleh von neumann

Von neumann mengatakan , komputer menyatakan bahwa kommputer pada waktu itu di bagi menjadi empat bagian utama, yaitu

Arithmetic And Logic Unit , litar kawalan, memori, dan alat yang berfungsi sebagai input-dan aoutput. (I/O). semua itu dapat berfungsi dengan sambungan berbagai kabel yang di sebut “Bas”.

Memory:
Memory adalah ingatan bait (seperti sel) di dalam sel2 memory mengandungi sebutir informasi di setiap sel, informasi tersebut ada yang berfungsi sebagai “Perintah” untuk mengarahkan sesuatu informasi seperti untuk menjalankan program, dan setiap sel dalam Memory computer menyimpulkan setiap serpihan data yang mana data dari sel memori tersebut sangat berfungsi untuk menjalankan Printah.

Secara umum” Memori dapat di gunakan lagi lebih dari sejuta kali penggunaan, berupa pad yang di buat dari batu tablet hanya boleh di tulis satu kali dalam setiap sel memory.

Ukuran setiap sel sangat berbeda dari yang satu dengan yang lain, begitu juga dari satu komputer ke komputer yang lain, begitu juga dengan teknologi yang semakin maju untuk memperingkas memory. dari denyutan elektromekanik, seterus nya di hubungkan dengan tiub besar, seterusnya di hantar ke susunan matriks magnet kekal, sterusnya di salurkan kepada transistor, dan terminal yang telah di buat untuk mengatur alur dari tugas ini yang mengandung kapasitor di dalam sebuah cip.

Bagaimana Proses terjadi?
Alat yang bertugas dalam komputer untuk mengoprasikan atau melaksanakan operasi dasar yaitu yang disebut dengan Unit Aritketik dan logika (ALU). Fungsi aritmetik disini adalah (tambah, Kurang, Kali , Bagi Dan lain sebagainya)

Operasi Logika seperti fungsi (And, Or, Not) dan membandingkan operasi lainnya, unit ini melaksanakan tugas yang nyata sebagai mana tugas akhir komputer sebagai penghitung dari matematika.

Salah satu unit yang berfungsi sebagai penyedia slot2 yang menyimpan perintah terbaru, setelrus nya memberitahu ALU tentang operasi (terbaru) yang di tugaskan untuk perintah yang perlu di lakukan serta menerima informasi yang di arahkan (dari memori tersebut) dan melaksanakan informasi tersebut.
Dan kemudian perintah tersebut menghantar kembali hasil operasi kepada kedudukan memori yang sama (sesuai). Unit perintah atau unit yang mengawal akan beralih kembali kepada perintah yang selanjutnya.

Tugas Unit input dan output.
Unit input-output yang memberikan atau mengizinkan komputer untuk menerima informasi yang masuk dari luar. dan informasi yang di terima akan dihantar kembali ke dunia luar, di sini terdapat berbagai dan bermacam macam bentuk alat input output ini, seperti, keyboard, skrin, monitor, CD, dan webcam misalnya.

Dari semua alat tersebut di atas, Fungsi input akan mengkode informasi kepada data supaya selanjutnya akan lebih mudah di proses oleh sistem komputer digital.

Program komputer:
Program komputer adalah list perintah yang sangat besar , di program komputer tersebut sudah di susun berbagai perintah dasar dan perintah akhir, perintah tersebut sampai berjuta-juta perintah yang di susun untuk menjadikan suatu informasi yang akan di jalankan, dan perintah tersebut di jalankan berualng2 (tanpa henti) sebuah komputer (laptop misalnya) berusaha melaksanakan kurang lebih 2 sampai 3 juta perintah Per-detik.

Pada zaman yang seba canggih dan modern ini, komputer kebanyakan dapat berfungsi sebagai multy tugas, multi tugas yaitu, komputer bisa melaksanakan lebih dari satu tugas (program) pada satu waktu yang bersamaan. (contoh ketika anda melakukan tugas sambil memutar CD atau program mp3, dan sambil browsing ).

Walaupun secara kasar, CPU melaksanakan perintah dari satu program yang berjalan terlebih dahulu, kemudian berpindah kepada program susulan dalam jangka masa yang relatip singkat. yang di panggil dengan system (time slice) system ini berfungsi sebagai program yang mengendalikan pembagian pada multy tugas ini.
Contoh system yang di paparkan sebagai multy tugas seperti windows.
super komputer columbia NASA

About juniornainggolan28

I'm one cool, and easy to take along.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s